Langsung ke konten utama

Bekerja di Luar Kota? Inilah Tips Mencari Kontrakan Nyaman dan Lengkap dengan Harga Rasional

Ada sejumlah alasan yang membuat seseorang bekerja di luar kota. Mulai dari menginginkan gaji yang lebih, kesempatan berkarir yang lebih baik, hingga terpaksa karena dimutasi oleh perusahaan.

Tapi sebelum menginjakkan kaki di kota tujuan, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Terutama soal di mana Anda akan tinggal. Meskipun punya saudara yang tinggal di kota yang sama, belum tentu juga lokasinya dekat ke tempat kerja bukan?


Mencari hunian ketika Anda akan memulai kehidupan di kota yang baru tidaklah mudah. Terlebih bila Anda adalah seorang pemula. Mungkin banyak yang menawarkan kost atau kontrakan rumah. Tapi ada yang murah, kondisinya kurang layak. Lalu ada yang bagus, harga sewanya kemahalan. Untuk itu, masalah hunian ini perlu dipikirkan dari jauh-jauh hari. Jangan mepet ke hari pertama masuk kerja. Anda akan repot sendiri.

Berkat kemajuan teknologi, saat ini mencari kost atau kontrakan bisa lewat genggaman tangan. Apalagi kalau bukan dengan memanfaakan internet. Mencari rumah kontrakan bisa lebih cepat dan efisien. Hal ini pun semakin didukung dengan semakin banyaknya situs-situs khusus listing properti yang menampilkan daftar kost atau kontrakan di berbagai daerah.

Situs-situs properti pun saat ini fiturnya makin lengkap. Biasanya tersedia fitur “filter” yang memudahkan para pengguna dalam mencari properti yang sesuai atau mendekati kriteria properti idaman.

Misal fitur filter sesuai harga, Anda mengaturnya di rentang harga kurang dari Rp 2 juta. Maka yang akan ditampilkan hanya list properti yang harganya kurang dari Rp 2 juta saja. Semakin mudah bukan? Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat membuat daftar kost atau kontrakan mana saja yang akan disurvei secara langsung.

Ketika membuat list kontrakan untuk disurvei, berikut beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan masak-masak:

Harga sewa yang wajar 

Mahal atau murahnya harga sewa hunian bagi setiap orang bersifat relatif. Tapi bagaimana pun juga jangan sampai biaya untuk bayar kontrakan memakan hingga separuh pendapatan bulanan. Siapa pun pasti ingin tinggal di kontrakan bagus, namun tetap harga sewanya disesuaikan dengan daya beli. Jika berusaha lebih keras, pasti Anda bisa menemukan kontrakan nyaman dengan fasilitas bagus dan harganya tak begitu menguras isi kantong.

Fasilitas sesuai kebutuhan 

Fasilitas cukup berpengaruh pada besar kecilnya harga sewa suatu hunian. Sederhanya, ada harga ada fasilitas! Fasilitas yang kurang akan mengurangi kenyamanan. Sedangkan fasilitas yang terlalu banyak membuat harga sewa lebih mahal.

Untuk itu, sesuaikan fasilitas dengan kebutuhan. Jika masih lajang, mungkin kost atau rumah kontrakan dengan satu kamar tidur yang dilengkapi lemari sudah cukup. Tapi jika pindah ke luar kota sambil memboyong keluarga, mungkin Anda memerlukan kontrakan yang ukurannya lebih luas.

Lokasi strategis 

Selain biaya makan, biaya untuk transportasi juga tak jarang menjadi pos pengeluaran yang cukup besar. Jika memungkinkan, pilih kost atau kontrakan yang lokasinya dekat dari tempat kerja. Jika tak ada, setidaknya pilih yang mudah dijangkau transportasi umum. Terlebih jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi.

Ketersediaan air bersih 

Saat survei rumah kontrakan yang diincar, periksa kondisi air di sana. Hal ini penting mengingat air bersih adalah kebutuhan sehari-hari yang sangat vital, dan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Cari alternatif kontrakan lain jika kondisi air di rumah kontrakan yang diincar ternyata kuning dan sedikit berbau.

Lingkungan yang kondusif 

Aspek lingkungan juga jangan sampai terlewat dari bahan pertimbangan. Pasalnya, lingkungan berkaitan dengan keamanan. Lingkungan dengan kriminalitas tinggi perlu dipikirkan ulang. Begitu pula jika lokasi rumah kontrakan dekat jalan besar, pasar atau tempat ramai lainnya. Anda mungkin sulit beristirahat dengan tenang setelah pulang bekerja.

Postingan populer dari blog ini

5 Makanan Khas ini Akan Membuat Anda Merasa Berada di Pedalaman Desa di Jawa Barat

Banyak hal yang menarik untuk ditelusuri ketika berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Barat. Mulai dari wisata-wisata alamnya eksotis hingga ragam kulinernya yang begitu beragam. Bicara soal kuliner khas Sunda, sebut saja nasi timbel, karedok, dan gepuk sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya, makanan tersebut sering dijajakan di kedai makan sederhana hingga restoran yang sudah punya nama. Selain itu, sebetulnya masih banyak kuliner Sunda lain yang menarik untuk dicoba. Sayangnya, semakin banyak kuliner Sunda yang mulai langka. Terutama kuliner Sunda yang identik dengan makanan orang desa zaman dulu. Nah, kalau Anda ke rumah makan khas Sunda dan menemukan menu kuliner di bawah ini, jangan ragu untuk mencobanya terutama jika Anda penasaran seperti apa citarasa dari makanan tradisional dari pedesaan di daerah-daerah Jawa Barat. Pencok hiris  Pencok saat ini identik dengan kuliner Sunda yang berbahan dasar kacang panjang. Tapi di pedasaan-pedesaan Jawa Barat dulu, ada pencok hiri

Mau Tahu Tipe-Tipe Ukuran Apartemen dan Perbedaanya? Yuks Kita Intip

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi harga suatu unit apartemen. Tak hanya faktor lokasi gedung apartemen berdiri, harga antara satu unit dengan unit lain di satu gedung apartemen bisa berbeda tergantung tipenya. Ya, unit apartemen itu tipenya beragam dengan ukuran serta jumlah dan rancangan ruang yang berbeda pula. Untuk Anda yang berencana memiliki apartemen, penting untuk mengetahui tipe-tipe tersebut agar tak keliru saat membeli. Langsung saja, berikut beberapa tipenya: Studio  Apartemen tipe studio sudah tak asing lagi di telinga banyak orang. Tipe ini biasanya memiliki luas antara 20 hingga 30 meter persegi. Bagian utama di dalamnya adalah kamar tidur, kamar mandi, dan dapur dengan konsep satu ruang. Tipe apartemen ini bisa dikatakan sebagai tipe apartemen terkecil sehingga harganya relatif paling murah. Alcove Dari segi ukuran, apartemen tipe alcove sama dengan tipe studio. Tapi yang membedakan adalah kebanyakan unit alcove dirancang dengan ruangan yang berbentuk

Surat-surat Kepemilikan Properti yang Penting Diketahui

Ada beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli aset properti. Entah itu berupa tanah, rumah, ataupun unit apartemen. Tak cuma soal harga atau lokasi yang strategis, surat-surat kepemilikan juga perlu diperiksa secara seksama. Pasalnya, surat kepemilikan tersebut adalah bukti kepemilikan yang sah. Jangan sampai Anda terlibat masalah hingga ke ranah hukum karena ada yang mengklaim properti yang Anda beli. Pasalnya, hingga saat ini kasus sengketa properti khususnya tanah masih marak terjadi. Hak milik atas properti dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi sehingga kepemilikannya berkedudukan kuat di mata hukum. Selain untuk kepentingan jual beli, sertifikat kepemilikan juga sangat penting untuk pembuatan izin pendirian bangunan dan sebagai jaminan kredit ketika Anda mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan atau bank. Maka dari itu, penting pula untuk mengetahui jenis-jenis surat kepemilikan properti. Pasalnya, terdapat beberapa jenis surat atau sertifik