Langsung ke konten utama

Daftar Perumahan yang Dekat dengan Lokasi Kampus di Bandung

Selain terkenal dengan banyaknya tempat wisata, Bandung juga memiliki banyak pilihan kampus untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Baik itu kampus negeri maupun swasta. Tak heran bila Bandung juga menjadi sasaran empuk untuk investasi properti berupa sewa kamar kost atau rumah kontrakan yang menyasar kalangan mahasiswa.


Ya, lokasi rumah yang dekat kampus memang strategis. Tak cuma nilai jual kembali yang tinggi, rumah tersebut juga bisa dikembangkan untuk bisnis kost atau kontrakan mahasiswa. Nah, jika Anda pun tertarik untuk memiliki rumah di kawasan yang dekat dengan lokasi kampus di Bandung, beberapa perumahan ini layak untuk Anda lirik:

Delima Cikutra 

Lokasi komplek perumahan Delima Cikutra dekat sekali dengan kampus Widyatama dan STIE Ekuitas. Dapat diakses dengan jalan kaki saja. Kantor Imigrasi Bandung juga dapat dijangkau hanya dengan beberapa menit berkendara. Termasuk ke wilayah Bandung Tengah yang strategis, unit-unit rumah di perumahan ini umumnya dijual dengan harga lebih dari Rp 1 miliar.

Cikutra Highland 

Dipasarkan dengan harga mulai dari 1,2 miliar, perumahan Cikutra Highland berlokasi di area perbukitan elit Bandung Utara yang menawarkan nuansa hunian yang nyaman, sejuk, dan asri. Meski lokasinya di perbukitan, namun cukup mudah menjangkau kampus-kampus yang beralamat di Jl. PH. H. Mustofa. Seperti Institut Teknologi Nasional, Universitas Sangga Buana, STIE Ekuitas, dan Universitas Widyatama.

Buah Batu Regensi 

Banyak perumahan elit untuk kalangan menengah atas yang berlokasi di kawasan Buah Batu. Jika Anda mencari yang lokasinya dekat dengan kampus Telkom University, perumahan Buah Batu Regensi bisa jadi salah satu pertimbangan. Tersedia tipe 100, tipe 112, tipe 123, dan tipe 200 dengan rentang harga jual antara Rp 450 juta hingga Rp 3,5 miliar.

Jatinagor City Park 

Perumahan Jatinangor City Park berlokasi strategis dekat ke Jatinangor Town Square, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institus Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor, dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor. Dekat pula dengan gerbang Tol Cileunyi. Sudah pasti lokasinya ini sangat prospektif untuk investasi. Rumah-rumah di komplek ini dijual dengan kisaran harga Rp 400 juta hingga Rp 3 miliar.

Dwipapuri Residence 

Jika Anda mencari rumah di kawasan Bandung Timur, Dwipapuri Residence adalah salah satu yang layak dimasukkan ke dalam daftar pilihan. Lokasinya tak begitu jauh dari Universitas Islam Negeri Gunung Djati yang terletak di Cibiru. Unit-unit rumahnya dipatok dengan harga mulai dari Rp 420 juta. Nilai plus dari rumah ini adalah kondisi udara yang masih sejuk karena cukup dekat dengan gunung Manglayang.

Eastern Hills 

Masih di kawasan Cibiru, ada pula komplek perumahan bernama Eastern Hills. Lokasinya cukup dekat menjangkau kampus Universitas Islam Negeri Gunung Djati, Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, dan STIKES Bhakti Kencana. Di komplek perumahan ini, rumah tipe 62/187 dijual mulai dari Rp 600 juta, sedangkan tipe 92/218 dijual mulai dari Rp 800 juta.

Perumahan Surya Setra 

Berlokasi di Jl. Terusan Prof. DR. Sutami, perumahan Surya Setra hanya berjarak kurang dari 1 km dari Universitas Kristen Maranatha. Otomatis lokasinya yang strategis ini memudahkan saat bepergian, termasuk menjangkau bandara Husein Sastranegara dan gerbang tol Pasteur. Terkenal sebagai hunian mewah, unit-unit rumah di sana dijual mencapai lebih dari Rp 5 miliar.

Perumahan Setra Dago 

Rata-rata unit rumah di perumahan Setra Dago dijual dengan harga di atas Rp 1 miliar. Ya, lokasi perumahan ini memang strategis karena posisinya di tengah kota tepatnya di Jl. Antapani Lama. Selain dekat dengan kampus Bina Sarana Informatika (BSI) Bandung, di sekitarnya juga terdapat banyak restoran, beberapa pusat perbelanjaan, ada rumah sakit, dan dekat pula ke terminal.

Parahyangan Rumah Villa 

Parahyangan Rumah Villa atau yang akrab pula disebut komplek PRV merupakan salah satu perumahan kalangan menengah atas yang dekat ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Nuansa sekitar perumahan masih asri karena banyak pepohonan hijau. Ada pula fasilitas kolam renang untuk penghuni. Sementara untuk urusan harga, rata-rata rumah di sana memiliki nilai jual lebih dari Rp 3 miliar.

Postingan populer dari blog ini

5 Makanan Khas ini Akan Membuat Anda Merasa Berada di Pedalaman Desa di Jawa Barat

Banyak hal yang menarik untuk ditelusuri ketika berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Barat. Mulai dari wisata-wisata alamnya eksotis hingga ragam kulinernya yang begitu beragam. Bicara soal kuliner khas Sunda, sebut saja nasi timbel, karedok, dan gepuk sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya, makanan tersebut sering dijajakan di kedai makan sederhana hingga restoran yang sudah punya nama. Selain itu, sebetulnya masih banyak kuliner Sunda lain yang menarik untuk dicoba. Sayangnya, semakin banyak kuliner Sunda yang mulai langka. Terutama kuliner Sunda yang identik dengan makanan orang desa zaman dulu. Nah, kalau Anda ke rumah makan khas Sunda dan menemukan menu kuliner di bawah ini, jangan ragu untuk mencobanya terutama jika Anda penasaran seperti apa citarasa dari makanan tradisional dari pedesaan di daerah-daerah Jawa Barat. Pencok hiris  Pencok saat ini identik dengan kuliner Sunda yang berbahan dasar kacang panjang. Tapi di pedasaan-pedesaan Jawa Barat dulu, ada pencok hiri

Mau Tahu Tipe-Tipe Ukuran Apartemen dan Perbedaanya? Yuks Kita Intip

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi harga suatu unit apartemen. Tak hanya faktor lokasi gedung apartemen berdiri, harga antara satu unit dengan unit lain di satu gedung apartemen bisa berbeda tergantung tipenya. Ya, unit apartemen itu tipenya beragam dengan ukuran serta jumlah dan rancangan ruang yang berbeda pula. Untuk Anda yang berencana memiliki apartemen, penting untuk mengetahui tipe-tipe tersebut agar tak keliru saat membeli. Langsung saja, berikut beberapa tipenya: Studio  Apartemen tipe studio sudah tak asing lagi di telinga banyak orang. Tipe ini biasanya memiliki luas antara 20 hingga 30 meter persegi. Bagian utama di dalamnya adalah kamar tidur, kamar mandi, dan dapur dengan konsep satu ruang. Tipe apartemen ini bisa dikatakan sebagai tipe apartemen terkecil sehingga harganya relatif paling murah. Alcove Dari segi ukuran, apartemen tipe alcove sama dengan tipe studio. Tapi yang membedakan adalah kebanyakan unit alcove dirancang dengan ruangan yang berbentuk

Surat-surat Kepemilikan Properti yang Penting Diketahui

Ada beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli aset properti. Entah itu berupa tanah, rumah, ataupun unit apartemen. Tak cuma soal harga atau lokasi yang strategis, surat-surat kepemilikan juga perlu diperiksa secara seksama. Pasalnya, surat kepemilikan tersebut adalah bukti kepemilikan yang sah. Jangan sampai Anda terlibat masalah hingga ke ranah hukum karena ada yang mengklaim properti yang Anda beli. Pasalnya, hingga saat ini kasus sengketa properti khususnya tanah masih marak terjadi. Hak milik atas properti dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi sehingga kepemilikannya berkedudukan kuat di mata hukum. Selain untuk kepentingan jual beli, sertifikat kepemilikan juga sangat penting untuk pembuatan izin pendirian bangunan dan sebagai jaminan kredit ketika Anda mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan atau bank. Maka dari itu, penting pula untuk mengetahui jenis-jenis surat kepemilikan properti. Pasalnya, terdapat beberapa jenis surat atau sertifik