Langsung ke konten utama

5 Makanan Khas ini Akan Membuat Anda Merasa Berada di Pedalaman Desa di Jawa Barat

Banyak hal yang menarik untuk ditelusuri ketika berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Barat. Mulai dari wisata-wisata alamnya eksotis hingga ragam kulinernya yang begitu beragam. Bicara soal kuliner khas Sunda, sebut saja nasi timbel, karedok, dan gepuk sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya, makanan tersebut sering dijajakan di kedai makan sederhana hingga restoran yang sudah punya nama.


Selain itu, sebetulnya masih banyak kuliner Sunda lain yang menarik untuk dicoba. Sayangnya, semakin banyak kuliner Sunda yang mulai langka. Terutama kuliner Sunda yang identik dengan makanan orang desa zaman dulu. Nah, kalau Anda ke rumah makan khas Sunda dan menemukan menu kuliner di bawah ini, jangan ragu untuk mencobanya terutama jika Anda penasaran seperti apa citarasa dari makanan tradisional dari pedesaan di daerah-daerah Jawa Barat.

Pencok hiris 

Pencok saat ini identik dengan kuliner Sunda yang berbahan dasar kacang panjang. Tapi di pedasaan-pedesaan Jawa Barat dulu, ada pencok hiris yang juga sering disebut rujak hiris. Sesuai namanya, bahan baku untuk makanan tradisional ini adalah kacang hiris atau kacang gude yang kemudian dipadukan dengan kemangi, cabai rawit, kencur, garam, terasi, dan gula. Citarasa yang pedas membuat makanan ini terasa menyegarkan. Ditemani nasi panas, seporsi pencok hiris dijamin membuat makan makin berselera.

Angeun lompong 

Talas cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu berupa talas kukus atau keripik talas. Tapi, orang Sunda zaman dulu juga ternyata memanfaatkan batang talas untuk dibuat menjadi lauk pauk pelengkap nasi yang nikmat. Namanya angeun lompong. Orang Sunda memakai kata “angeun” untuk menyebut olahan makanan yang berkuah. Angeun lompong ini pun biasanya dimasak dengan santan seperti gulai. Atau bisa pula tanpa menggunakan santan sehingga tampilannya lebih bening.

Cobek belut 

Tak seperti ikan, belut kurang digemari karena sejumlah alasan. Tapi jangan salah belut yang dianggap tinggi protein ini ternyata bisa menjadi olahan yang lezat. Kalau di Jawa Barat, ada yang namanya cobek belut. Di kota besar seperti Bandung, jarang sekali ada penjual cobek belut. Tapi tak begitu sulit menemukan kuliner tradisional ini di warung-warung makan kawasan Sumedang dan Subang. Gurihnya belut bakar yang disajikan dengan sambal di atas cobek sudah nikmat walau dimakan bersama nasi saja.

Kadedemes 

Apa yang terpikir ketika mendengar makanan bernama kadedemes? Kadedemes adalah makanan khas Sunda yang telah ada sejak zaman dulu yang berasal dari singkong. Tapi bukan bagian daging yang digunakan, makanan tradisonal ini berbahan dasar kulit singkong. Kulit singkong yang digunakan biasanya hanya bagian kulit dalam yang berwarna sedikit merah muda, yang kemudian dicuci bersih dan direbus. Setelah itu ditumis dan biasanya dimakan bersama nasi hangat, ikan asin, dan sambal.

Tumis hampas kecap 

Tumis hampas kecap dikenal sebagai masakan tradisional Cirebon dan Majalengka. Karena di sana banyak produsen kecap lokal, lalu masyarakat memanfaatkan ampas kedelainya untuk diolah menjadi makanan pendamping nasi. Ampas kedelai tersebut biasanya diolah dengan cara ditumis menggunakan bumbu tumis dasar seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Meski sederhana, namun tumis ampas kecap ini memiliki citarasa gurih dan masih mengandung protein.

Untuk Anda yang orang Sunda, sudah coba semua makanan tradisional di atas?

Postingan populer dari blog ini

Mau Tahu Tipe-Tipe Ukuran Apartemen dan Perbedaanya? Yuks Kita Intip

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi harga suatu unit apartemen. Tak hanya faktor lokasi gedung apartemen berdiri, harga antara satu unit dengan unit lain di satu gedung apartemen bisa berbeda tergantung tipenya. Ya, unit apartemen itu tipenya beragam dengan ukuran serta jumlah dan rancangan ruang yang berbeda pula. Untuk Anda yang berencana memiliki apartemen, penting untuk mengetahui tipe-tipe tersebut agar tak keliru saat membeli. Langsung saja, berikut beberapa tipenya: Studio  Apartemen tipe studio sudah tak asing lagi di telinga banyak orang. Tipe ini biasanya memiliki luas antara 20 hingga 30 meter persegi. Bagian utama di dalamnya adalah kamar tidur, kamar mandi, dan dapur dengan konsep satu ruang. Tipe apartemen ini bisa dikatakan sebagai tipe apartemen terkecil sehingga harganya relatif paling murah. Alcove Dari segi ukuran, apartemen tipe alcove sama dengan tipe studio. Tapi yang membedakan adalah kebanyakan unit alcove dirancang dengan ruangan yang berbentuk

Surat-surat Kepemilikan Properti yang Penting Diketahui

Ada beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli aset properti. Entah itu berupa tanah, rumah, ataupun unit apartemen. Tak cuma soal harga atau lokasi yang strategis, surat-surat kepemilikan juga perlu diperiksa secara seksama. Pasalnya, surat kepemilikan tersebut adalah bukti kepemilikan yang sah. Jangan sampai Anda terlibat masalah hingga ke ranah hukum karena ada yang mengklaim properti yang Anda beli. Pasalnya, hingga saat ini kasus sengketa properti khususnya tanah masih marak terjadi. Hak milik atas properti dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi sehingga kepemilikannya berkedudukan kuat di mata hukum. Selain untuk kepentingan jual beli, sertifikat kepemilikan juga sangat penting untuk pembuatan izin pendirian bangunan dan sebagai jaminan kredit ketika Anda mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan atau bank. Maka dari itu, penting pula untuk mengetahui jenis-jenis surat kepemilikan properti. Pasalnya, terdapat beberapa jenis surat atau sertifik